Analisis Kondisi Fungsional Infrastruktur Jalan Lingkungan Berdasarkan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Fakultas Teknik - Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Riau)

https://doi.org/10.35583/jice.v4i3.65

Authors

  • Vinka Lyona Universitas Riau
  • Randhi Saily Universitas Riau
  • Intan Monica MG Universitas Riau
  • Dwi Visti Rurianti Universitas Riau

Keywords:

Kawasan Aglomerasi, Pemodelan Transportasi, Angkutan Kota, Pavement Condition Index, Analisis Kondisi

Abstract

Ruas Jalan UNRI yang menghubungkan Fakultas Teknik sampai Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang ditinjau sepanjang 630 meter dan lebar 5.5 meter terdapat beberapa kerusakan yang membuat ketidaknyamanan pengendara yang melewati jalan tersebut sehingga diperlukan perbaikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis kerusakan jalan, mengetahui nilai index kondisi perkerasan lentur jalan, dan tindakan penanganan kerusakan jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Penelitian dilakukan menjadi 13 segmen dengan ukuran 10 meter per segmennya. Hasil analisis menunjukkan bahwa kerusakan pada ruas Jalan UNRI berdasarkan kuantitas didominasi oleh pelepasan butir dan pengausan agregat dengan persentase sebesar 42.8% dan 36.7%, diikuti dengan kegemukan sebesar 13.4%, pinggiran jalan turun vertikal sebesar 2.6%, tambalan sebesar 1.8%, retak sambung sebesar 1.2%, retak pinggir dan lubang masing-masing sebesar 0.7%. Nilai rata-rata PCI adalah 56.29 dengan kondisi Sedang (Fair). Hal ini menunjukan diperlukan suatu penanganan serius dari pihak berwenang untuk segera melakukan perbaikan sebelum kerusakan menjadi lebih parah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-02

How to Cite

Vinka Lyona, Randhi Saily, Intan Monica MG, & Dwi Visti Rurianti. (2024). Analisis Kondisi Fungsional Infrastruktur Jalan Lingkungan Berdasarkan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Fakultas Teknik - Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Riau). Journal of Infrastructure and Civil Engineering, 4(3), 121–129. https://doi.org/10.35583/jice.v4i3.65

Issue

Section

Articles