Pengaruh Penambahan Sikament NN Terhadap Karakteristik Beton Mutu Tinggi Dengan Penggunaan Satu Fraksi Agregat Kasar

https://doi.org/10.35583/jice.v4i1.54

Authors

  • M. Rabbani Anugrahrosah Universitas Riau
  • Azhari Azhari Universitas Riau
  • Andre Novan Universitas Riau

Keywords:

Beton Mutu Tinggi, Sikament NN, Kuat Tekan, Nilai Slump

Abstract

Beton merupakan salah satu bahan konstruksi yang banyak digunakan karena beberapa kelebihan antara lain bahan penyusunnya yang mudah didapat dan cukup awet. Beton juga memiliki nilai kuat tekan yang tinggi. Beton mutu tinggi (high strength concrete) yang tercantum dalam SNI 03-6468-2000 didefinisikan sebagai beton yang mempunyai kuat tekan yang disyaratkan lebih  besar atau sama dengan 41,4 MPa. Nilai faktor air semen (FAS) yang merupakan rasio berat air terhadap berat semen sangat mempengaruhi mutu/kuat tekan beton. Semakin banyak air yang berarti semakin besar FAS maka  semakin mudah beton dikerjakan namun semakin turun pula mutunya. Pengurangan air untuk meningkatkan kuat tekan beton mengakibatkan kesulitan pengerjaan beton. Pemakaian bahan tambah Admixture Superplasticizer yang merupakan jenis water reducing diharapkan dapat meningkatkan kuat tekan beton dengan tingkat workability yang baik. Pada penelitian ini digunakan bahan tambah Sikament NN produksi PT. Sika Indonesia yang merupakan Superplasticizer Type F dengan variasi dosis 1,0%, 1,2%, 1,4%, 1,6% dan 1,8% dari berat semen. Nilai kuat tekan beton maksimum didapat sebesar 43,97 MPa pada dosis Sikament NN 1,4% dari berat semen  yang merupakan dosis omptimum sikamen NN untuk nilai kuat tekan. Pada dosis ini didapat nilai slump beton 8,2 cm. Nilai slump maksimum didapat sebesar 24,08 cm pada beton dengan dosis Sikament NN 1,8% dari berat semen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-31

How to Cite

Anugrahrosah, M. R., Azhari, A., & Novan, A. (2024). Pengaruh Penambahan Sikament NN Terhadap Karakteristik Beton Mutu Tinggi Dengan Penggunaan Satu Fraksi Agregat Kasar. Journal of Infrastructure and Civil Engineering, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.35583/jice.v4i1.54

Issue

Section

Articles