Analisis Perubahan Garis Pantai dengan Pendekatan Penginderaan Jauh di Pesisir Jakarta Utara

https://doi.org/10.35583/jice.v4i1.53

Authors

  • Endah Kurnianingrum Universitas Trisakti
  • Carlos Tua March Siburian Siburian Universitas Trisakti
  • Liana Herlina Universitas Trisakti
  • Hegi Daniel Mulya Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane
  • Randhi Saily Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
  • Imas Wihda Misshuari Universitas Trisakti

Keywords:

perubahan garis pantai, citra satelit, perubahan iklim

Abstract

Kawasan pesisir yang mengalami perkembangan dalam hal alih fungsi lahan, tata ruang dan tutupan lahan akan berdampak pada perubahan garis pantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan garis pantai yang terjadi di pesisir Jakarta Utara, dimana perkembangan tata ruang DKI Jakarta sangat signifikan. Penelitian ini menggunakan metode penginderaan jauh dengan media citra satelit Landsat 7 dan 8, analisis perubahan garis pantai menggunakan Digital Shoreline Analysis System (DSAS) dengan metode single transect dan end point rate.

Hasil analisis Pemanfaatan citra satelit dalam melihat perubahan garis pantai di wilayah Jakarta Utara menunjukkan bahwa setiap kurun waktu 10 tahun, wilayah pesisir mengalami akresi. Hal ini dikarenakan proses sedimentasi dan kegiatan reklamasi. Faktor yang mempengaruhi perubahan garis pantai pada wilayah pesisir Jakarta Utara yaitu sedimentasi dan kegiatan reklamasi.  Akresi terjadi pada zona 2 dan 3 tahun 1990, zona 1 dan 3 tahun 2000, zona 2 dan 3 tahun 2010, dan zona 1, 2, dan 3 tahun 2021. Abrasi terjadi pada zona 1 tahun 1990, zona 2 tahun 2000, dan zona 1 tahun 2010. Berdasarkan kondisi tersebut pesisir DKI Jakarta mengalami perubahan yang cukup dinamis, hal ini berdampak pada kemampuan wilayah pesisir untuk mengantisipasi perubahan iklim diantaranya kenaikan muka air laut.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-13

How to Cite

Kurnianingrum, E., Siburian, C. T. M. S., Herlina, L., Mulya, H. D., Saily, R., & Misshuari, I. W. (2024). Analisis Perubahan Garis Pantai dengan Pendekatan Penginderaan Jauh di Pesisir Jakarta Utara. Journal of Infrastructure and Civil Engineering, 4(1), 29–34. https://doi.org/10.35583/jice.v4i1.53

Issue

Section

Articles